Lima puluh Penderita Bibir Sumbing Operasi Gratis

Bupati Luwu, Mudzakkar didampingi Ketua KNPI Luwu, Irwanto Napeng foto bersama para penderita bibir sumbing.

Bupati Luwu, Mudzakkar didampingi Ketua KNPI Luwu, Irwanto Napeng foto bersama dengan para penderita bibir sumbing.

Luwu, SulSel–Sebanyak 50 penderita bibir sumbing menjalani operasi gratis yang digagas Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Luwu kerja sama Managemen Smaile Train Indonesia Cabang Makasssar yang digelar di  RSUD Batara Guru, Belopa, hari ini Jum’at (22/3).

Menurut Ketua KNPI Luwu, Irwanto Napeng, operasi bibir sumbing yang diperuntukkan bagi masyarakat Luwu adalah bagian dari kepedulian KNPI bagi warga yang kurang mampu. “KNPI menggandeng Smail Train untuk program kemanusiaan seperti ini. Di sekitar kita banyak warga yang menderita bibir sumbing. Namun mereka tak mampu menanggung biaya operasi. Inilah fokus kita pada program  kemanusiaan khususnya masyarakat yang menderita bibir sumbing,”kata Irwanto.

Dijelaskan Irwanto, warga Luwu yang menjalani operasi tersebut berasal dari beberapa kecamatan. Diantaranya berasal dari Larompong, Suli dan Bajo Barat. “Kami turun ke lapangan mendata warga yang terkena bibir sumbing. Bahkan kami jemput, lalu diantar ke Batara Guru ini,” tandas mantan lurah ini.

Manager Projek Smile Train Indonesia, Deasy Larasari menuturkan, Smile Train memang peduli atas nasib warga yang menderita bibir sumbing di Indonesia. Saat ini angka penderita bibir sumbing mencapai 50 ribu orang pertahun. “Kita fokus dan targetkan setiap tahun mampu melakukan operasi bibir sumbing sebanyak 12 ribu orang di seluruh Indonesia. Kami memberi apresiasi pada KNPI Luwu dan dukungan Pemda Luwu yang berani melakukan terobosan atas operasi bibir sumbing. Kita berharap kerja sama seperti ini, dapat ditingkatkan selanjutnya,” tutur Deasy kemarin.

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar yang memantau langsung pelaksanaan operasi bibir sumbing tersebut, mengaku bangga atas program KNPI Luwu yang berani melakukan terobosan operasi bibir sumbing bagi warga Luwu. “Saya memberi apresiasi atas kinerja dan program kerja KNPI Luwu. Saya harapkan program seperti ini tetap menjadi skala prioritas bagi KNPI ke depan. Kepada Smile Train, saya selaku pemerintah daerah juga mengapresiasi bantuannya sehingga operasi ini bisa berjalan,”kata Mudzakar.

Smile Train dalam kegiatan ini, melibatkan dua dokter ahli bedah yakni Ahli Bedah Plastik, Mayor CKM dr Senta Adianto dan dr Emril Zulkarnai. (@)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s