Tim Polda SulSel Bidik Otak Mark Up Suara di Walenrang

Massa Cakka-Amru menyambut tibanya kotak suara 'siluman' Kecamatan Walenrang

Massa Cakka-Amru menyambut tibanya kotak suara ‘siluman’ Kecamatan Walenrang

Luwu, SulSel–Pasca penangkapan Ketua PPK, Ilham Baso (IB) dan Panwascam Walenrang yang memanipulasi perolehan suara salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu di Walenrang, Tim Polda SulSel kini sedang mengusut   otak di balik penggelembungan suara di kecamatan tersebut.

Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf. Aco Lamama mengungkapkan, dengan tertangkapnya IB dkk beserta informasi yang berhasil dihimpun aparat dari pelaku, tim Polda SulSel selanjutnya akan melakukan pengusutan tuntas siapa sebenarnya otak utama di balik kecurangan di Walenrang.

“Yang jelas Tim Polda SulSel dan kami akan berupaya untuk mengungkap siapa sebenarnya dalang di balik semua kejadian ini,” tegas Aco.

Meski tak ditahan, dari informasi pelaku terungkap, mereka melakukan penggelembungan suara di lima desa di Kecamatan Walenrang. Dari aksi itu, pelaku melakukan mark up 100 suara per TPS.  Selain itu, juga ditemukan formulir besar dalam keadaan kosong dan ganda. Kalau pun terisi, lembar C2  tidak berisi nama desa.

Bukan hanya itu, sehari setelah penangkapan IB, Dandim Aco Lamama masih menemukan berbagai keganjilan di Sekretariat PPK Walenrang. Diantaranya, kunci gudang penyimpanan kotak suara telah rusak dan banyak kotak suara yang sudah tidak tersegel lagi.

Massa  Cakka-Amru Sambut Iringan Kotak Suara Walenrang

Massa pendukung Cakka-Amru, Selasa (24/9) sore, memadati ruas jalan Belopa. Mereka menyambut kotak suara ‘siluman’ Kecamatan Walenrang yang diangkut paksa aparat TNI dan Polri dengan pengawalan ketat. Selain bertepuk tangan, mereka juga melambaikan tangan pada setiap iringan kendaraan yang melintas mengawal kotak suara.

Diangkutnya kotal suara tersebut ke KPUD Luwu, diakibatkan ketidakhadiran Ketua PPK dan Panwascam Walenrang sejak 3 hari masa perhitungan di tingkat kecamatan. Ditengarai IB dkk telah melarikan diri. (@)      

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s